PAGELARAN TARI ANAK USIA DINI 2019

PAGELARAN TARI ANAK USIA DINI 2019

PAGELARAN TARI ANAK USIA DINI 2019

Pengaruh Kegiatan Tari terhadap Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini

 

Pendidikan Anak Usia Dini adalah Pendidikan yang ditujukan bagi anak usia 0 hingga 6 tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan Pendidikan untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki ke jenjang yang lebih lanjut.

Aspek dasar yang harus dikembangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini yang menyatakan bahwa ada enam aspek diantaranya ialah moral agama, fisik motorik, kognitif, Bahasa, sosial emosional dan seni. Salah satu bidang pengembangan yang paling penting ialah perkembangan motorik pada anak.

Kemampuan fisik motorik anak terbagi menjadi dua diantaranya ialah motorik kasar dan motorik halus. Keterampilan motorik kasar meliputi berjalan, melompat, meloncat, berputar, melempar. Sedangkan kemampuan motorik halus meliputi menggambar, menulis, mencocok dan masih banyak lagi.

Kemampuan fisik motorik merupakan proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. Setiap gerakan yang dilakukan anak merupakan hasil pola interaksi yang kompleks dan dapat dikontrol otak. Oleh karena itu, jurusan S1 PGPAUD angkatan 2018 semester 2 mendapatkan mata kuliah Pengembangan Tari Anak Usia Dini dan diadakan pagelaran tari untuk Anak Usia Dini. Tarian ini mencangkup gerakan-gerakan tubuh yang dapat dilakukan oleh anak, misalnya gerak kepala (tengadah, memutar, dan menggeleng-gelengkan kepala), gerak badan (miring, membungkuk, goyang dan memutar), gerak tangan (merentang, mengayun, mengangkat, bertepuk dan sebagainya), gerak kaki (mengangkat, memutar mengayun dan sebagainya).

Pada dasarnya seni tari adalah media untuk memenuhi fungsi perkembangan dasar, potensi dan sarana untuk merangsang kreatifitas anak. Seni tari juga termasuk pembelajaran yang menyenangkan, anak senang akan hal yang menyenangkan karena bagi anak, tari merupakan kegiatan bermain.

Penulis : Berliana Ramadhanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *