DUA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS NEGERI MALANG CIPTAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GUNA MEMINIMALISIR MISKONSEPSI SISWA SD

DUA MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS NEGERI MALANG CIPTAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GUNA MEMINIMALISIR MISKONSEPSI SISWA SD

 

“SIBODE : SCIENCE PRACTICE BOOK BERBASIS POP ART TERINTEGRASI BARCODE SEBAGAI SOLUSI MISKONSEPSI IPA SD DI ERA DIGITAL merupakan judul Karya Tulis Ilmiah yang disusun oleh Yunita Miftahul Jannah bersama Lindawati dalam rangka untuk berpartisipasi dalam acara EGG II 2018 yang diselenggarakan oleh LSIP (Lingkar Studi Ilmiah dan Penalaran) IKIP SILIWANGI.

Karya tulis ilmiah ini membahas mengenai miskonsepsi. Miskonsepsi artinya salah penafsiran. Miskonsepsi serng terjadi pada siswa SD. Contoh: siswa SD menganggap bahwa matahari terbit dan tenggelam, padahal sebenarnya kejadian tersebut hasil dari rotasi bumi. Miskonsepsi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Bentuk materi yang bertingkat, maka konsep awal harus benar terlebih dahulu agar tidak terjadi gejolak pada diri anak apabila suatu hari anak mengalami penerimaan materi yang berbeda.

Oleh karena itulah, diperlukan sebuah solusi untuk meminimalisir miskonsepsi. Media pembelajaran SIBODE merupakan solusi yang sangat tepat. Media pembelajaran SIBODE berisi kumpulan praktikum IPA dari kelas 1 sampai kelas 6. Selain itu, SIBODE juga menyediakan sumber belajar dengan berbagai cara belajar siswa, dalam artian dalam SIBODE ini terdapat ppt interaktif, video pembelajaran dan juga bentuk pop art.

Harapannya semoga SIBODE mampu mengharumkan nama baik Universitas Negeri Malang dalam kompetisi ini. Sehingga, mohon doa dari teman-teman semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *