Nutrisi Rohani Dengan Kegiatan Keagamaan

Malang – Dalam kepengurusan HMJ KSDP 2018, terdapat divisi keagamaan. Divisi ini bergerak dalam bidang keagamaan dan mengurusi kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan. Divisi Keagamaan HMJ KSDP 2018 memiliki beberapa agenda yakni mading islami, KUKIS (Kajian Umum KSDP Islami), pengelolaan uang kotak amal, dan pencucian mukenah dan sarung. Kegiatan-kegiatan ini diadakan dengan tujuan masing-masing.

Yang pertama, mading islami, terletak di dinding sebelah selatan masjid Nurul Ilmi dan mading laki-laki terletak di dinding sebelah utara. Mading ini diupdate 2x dalam setiap semester yang berisikan tentang informasi, wawasan, dan seputar keislaman. Dalam kurun waktu 6 bulan ini mading tetap saja diisi oleh pengurus HMJ KSDP 2018, meskipun sudah ada kesempatan bagi mahasiswa yang ingin memposting hasil karyanya dapat berupa informasi, wawasan, maupun cerita/kisah keislaman. Harapan saya semoga semakin meningkat kesadaran mahasiswa untuk semangat menulis dan mengingatkan kepada sesama manusia dalam kebaikan melalui tulisan terutama di mading ini.

Yang kedua, agenda pencucian mukenah dan sarung ini dilakukan dalam kurun waktu 2 minggu sekali, sedangkan pengelolaan kotak amal dilakukan 1x dalam 1 semester. Kotak amal ini terletak di mushola yang ada di gedung baru lantai 2 kampus 2 Universitas Negeri Malang dan mukenah-sarung yang dicuci terletak di masjid nurul Ilmi dan mushola gedung baru. kegiatan ini bekerja sama dengan takmir masjid Nurul Ilmi Kampus 2 Universitas Negeri Malang.

Agenda yang ketiga yaitu KUKIS yang bekerja sama dengan UA SERUNI FIP UM. KUKIS dilaksanakan setiap hari selasa pukul 16.00 WIB bertempat di Masjid Nurul Ilmi Kampus 2 UM. Tema-tema kajian yang diangkat dalam KUKIS ini pun beragam, beberapa diantaranya Mari Bicara Cinta, Antara Takdir dan Pilihan, Welcome Ramadhan, dan beberapa tema lainnya.

 

Penulis: Machlinda Firdaus Damayanti

OPREC HMJ KSDP 2018

MALANG-Menjadi seorang organisator itu sebuah pilihan, karena kita akan membagi waktu menjadi beberapa bagian yaitu hak dan kewajiban. Tetapi selama dalam organisasi itu kita mendapat pengalaman yang sangat berarti karena setiap langkah adalah sejarah dalam hidup. Sebagai mahasiswa universitas negeri kita seharusnya aktif agar mendapatkan pengalaman dan teman yang banyak.

Continue reading “OPREC HMJ KSDP 2018”

Hindari Ganggu Jadwal Kuliah, Begini Strategi Jadwal Magang UM

MALANG-Tinggal menghitung beberapa minggu lagi, mahasiswa jurusan KSDP yang merupakan salah satu jurusan keguruan yang berada di Universitas Negeri Malang akan melaksanakan “Magang”. Magang merupakan bagian dari pelatihan yang bertujuan untuk menunjang suatu pekerjaan, biasanya magang dilakukan oleh mahasiswa namun tidak menutup kemungkinan istilah magang ini dilaksanakan oleh semua orang. Istilah magang pada jurusan KSDP ini terdapat dua macam yaitu, magang 1 yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2017 dan magang 2 oleh mahasiswa 2016.

Continue reading “Hindari Ganggu Jadwal Kuliah, Begini Strategi Jadwal Magang UM”

Mahasiswa KSDP Tingkatkan Solidaritas di Bulan Ramadhan dengan Berbagi

MALANG-Senin, 21 Mei 2018, pengurus HMJ KSDP membagikan ratusan kantung takjil untuk berbuka puasa kepada para pengendara yang melintas dijalan sekitaran kampus PP2, Universitas Negeri Malang. Dana untuk kegiatan ini berumber dari hasil iuran mahasiswa setiap offering di jurusan KSDP Universitas Negeri Malang. “Semangat Ramadhan menjadi kekuatan, momen yang berkesan bagi setiap insan beriman, ini salah satu kesempatan untuk membagikannya,” tutur salah satu pengurus HMJ KSDP.

Continue reading “Mahasiswa KSDP Tingkatkan Solidaritas di Bulan Ramadhan dengan Berbagi”

Berkenalan dengan Ekstra KSDP Ter-populer, Al Banjari Semut Ireng

MALANG-Al banjari adalah grup musik yang terbentuk dari ekstra banjari KSDP yang dinaungi oleh divisi bakat minat HMJ KSDP. Untuk posisi vokalis, biasanya terdiri dari satu vokalis asli dan 4 vokalis backing. Selain vokalis, grup musik ini terdiri dari 4 penabuh rebana, 2 penabuh lanangan dan 2 wedokan serta 1 penabuh bass jidor.

Continue reading “Berkenalan dengan Ekstra KSDP Ter-populer, Al Banjari Semut Ireng”

KISAH DIBALIK KEGIATAN BAGI TAKJIL PENGURUS HMJ KSDP

MALANG-Mahasiswa Jurusan KSDP Program Studi S1 PGSD dan Program Studi S1 PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang menyelenggarahkan acara bagi – bagi takjil di bulan ramadhan. Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya, acara ini dinaungi oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kependidikan Sekolah dan Prasekolah (HMJ KSDP) dan di koordinir oleh Divisi Keagamaan HMJ KSDP periode 2018. Mahasiswa KSDP sangat berantusias dengan acara tersebut, terbukti dengan banyaknya mahasiswa KSDP yang menyisihkan uang jajannya untuk disumbangkan dalam acara bagi-bagi takjil. Acara diselenggarahkan pada hari Senin (21/05) bertempat disekitar wilayah Kampus II Universitas Negeri Malang (UM) yang dimulai pada pukul 16.30 – 17.20 WIB.

Continue reading “KISAH DIBALIK KEGIATAN BAGI TAKJIL PENGURUS HMJ KSDP”

Unjuk Bakat, Mahasiswa KSDP Tampil di Acara TV Lokal

SURABAYA-Tampil di acara televisi terlebih dalam ajang pencarian bakat tak hanya membutuhkan bakat yang mumpuni tapi juga mental yang kuat. Hal ini telah dilakukan oleh salah satu mahasiswi jurusan KSDP angkatan 2015 yakni Laras Zakkia Sofiana atau yang kerab disapa Laras. Mahasiswa yang berasal dari Pacitan ini memberanikan diri untuk mengikuti acara Mendadak Bintang di salah satu stasiun televisi regional di Jawa Timur pada Sabtu, 14 April 2018.

Continue reading “Unjuk Bakat, Mahasiswa KSDP Tampil di Acara TV Lokal”

Abdikan Diri Sebagai Volunteer YOUCAN di Perbatasan Indonesia-Malaysia, Begini Kisahnya

KALIMANTAN BARAT-Aim Mauludzatur Rohmah, atau yang akrab dipanggil Aim, salah satu mahasiswa KSDP Universitas Negeri Malang semester 6 berhasil lolos sebagai delegasi YOUCAN mengungguli ratusan pendaftar lainnya. YOUCAN sendiri merupakan suatu organisasi non goverment yang mewadahi sosiovolunteer dari berbagai jenjang pendidikan yang memiliki komitmen dan jiwa sosial dari seluruh wilayah Nusantara. Aim berhasil lolos pada program Social Expedition#2 yang salah satu sasarannya adalah wilayah Entikong, Kalimantan Barat (perbatasan Indonesia dengan Malaysia).

Continue reading “Abdikan Diri Sebagai Volunteer YOUCAN di Perbatasan Indonesia-Malaysia, Begini Kisahnya”

PENGUMUMAN MAGANG 1 DAN 2 PGSD

PENGUMUMAN

Pelaksanaan pembekalan Magang 1 dan 2 dimulai tanggal 16 Juli sampai dengan 21 Juli 2018 di Kampus PP2 untuk mahasiswa PP1 dan PP2 (Mahasiswa PP3 melaksanakan pembekalan di Kampus Blitar tanggal 19-21 Juli 2018).

Pelaksanaan praktik Magang 1 dan 2 dimulai tanggal 23 Juli 2018 sampai dengan 4 Agustus 2018.
Pengumuman dan pembagian tempat dapat dilihat di
http://pgsd.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2018/07/MAGANG-2-dosen-pembimbing.doc

Continue reading “PENGUMUMAN MAGANG 1 DAN 2 PGSD”